Thursday, December 23, 2010

Strategi Pemasaran yang Efektif

NAMA : ZENDEEDO SETIAWAN
KELAS : 2DD01
NPM : 32209627
SUMBER :
http://partisimon.com/blog/pemasaran-yang-effektif.html ,

Inti dari bisnis adalah untuk menjual produk atau jasa. Sebuah produk atau layanan dikonseptualisasikan karena ada pasar untuk itu. Ini dapat menjadi potensi yang ada atau pasar. Dengan persaingan ketat yang nyata hari ini, perusahaan dalam mencari strategi pemasaran offline efektif. Untuk pemasaran yang efektif, strategi yang berbeda untuk setiap komponen pemasaran harus dilaksanakan.

Didalam arena bisnis global saat ini, telah terjadi perang kompetisi dan strategi untuk kelangsungan hidup suatu bisnis. Oleh karena itu, tentu sangat penting untuk melakukan perbaikan pemasaran yang efektif dari produk dan jasa yang ditawarkan untuk menjamin kelangsungan hidup perusahaan. Ada beberapa tips pemasaran yang efektif termasuk didalamnya strategi bisnis bagi perusahaan, baik besar maupun kecil.

Beberapa hal yang berkenaan dengan strategi pemasaran yang efektif antara lain :

Temukan ceruk pasar dan melakukan kajian perbaikan strategi pemasaran secara berkala. Pada abad ke 21 ini, seorang pebisnis perlu untuk melakukan observasi dan analisis aktivitas pemasaran dan kemampuan marketingnya. Anda perlu untuk melakukan penelitian terhadap syarat-syarat penting yang diterima pasar terhadap produk atau jasa yang anda atau perusahaan tawarkan. Juga perlu melakukan penelitian pasar melalui survey untuk mengenali pasar, waktu peluncuran yang tepat dan alasan kehadiran produk yang di tawarkan. Hal ini sangat penting untuk mengetahui benefit utama apa yang didapatkan konsumen dari produk atau jasa yang ditawarkan.

Monitor apa yang pesaing lakukan. Selain itu, sebagai seorang pengusaha, juga hal penting untuk mengetahui apa yang pesaing lakukan, lalu memutuskan “ditujukan kepada siapa produk tersebut” dan mengenali karakteristik calon pelanggan produk tersebut.

Pilih metode dan media promosi yang efektif sekaligus efisien. Penjualan dan kampanye promosi memerlukan budget yang lumayan besar, karena itu perlu memperhitungkan bentuk promosi dan media yang digunakan, agar dapat seefektif dan seefesien mungkin, dimana kampanya promosi dapat ditujukan untuk menanamkan “awareness” konsumen atau untuk menghasilkan penjualan. Sebelumnya, pastikan jaringan distribusi produk, seperti distributor dan agen telah memiliki stok produk, mengingat jangan sampai produk yang dipromosikan ternyata sulit didapat konsumen dipasaran.

Berikan sentuhan personal. Selain itu, anda secara pribadi perlu secara teratur memonitor aktivitas marketing untuk mengetahui tingkat kepuasan konsumen dan implikasi dasar dari apa apa yang dilakukan dalam aktivitas pemasaran tersebut. Selain itu, lakukan monitoring terhadap kepuasan konsumen sebagai titik penting dalam pemasaran. Sebuah persamaan sederhana: Konsumen yang senang sebanding dengan keuntungan yang tinggi, maksudnya jika konsumen semakin senang, maka profit yang didapat juga semakin besar.

Manage tenaga pemasar anda. Anda perlu merombak struktur anggota tim penjualan jika anggota tim penjualan anda ternyata tidak “sales oriented”. Saat ini konsumen semakin kritis dan mudah berpindah penggunaan produk, karena tersedia banyak pilihan produk dipasaran. Pertimbangkan bagaimana memberikan perubahan sentuhan untuk konsumen supaya mereka loyal. Jadikan “pemasaran berorientasi konsumen” sebagai bagian dari nilai-nilai karyawan di semua devisi. Berikan wewenang kepada kepada karyawan untuk mengambil keputusan secara fleksibel. Berikan pelatikan kepada staff menejerial untuk merencanakan dan mengalokasikan bujet untuk semua aktivitas marketing dan yang terpenting, koordinasi kerja antar bagian. Jangan lupa untuk merangkul tenaga pemasaran anda sebagai mata dan telinga perusahaan. Mereka adalah tenaga kerja yang bisa membantu anda secara effektif untuk mendapatkan input balik dan apa yang diperlukan untuk mempertahankan pelanggan potensial. Hal ini dapat membantu anda untuk mempertahankan produk anda berada sebagai market leader di pasar. Marketing yang effektif juga berkenaan dengan pendelagasian wewenang dan tanggung jawab. Anda harus memotivasi dan mengkomunikasikan kepada staff untuk mendukung program-program penjualan dan menghasilkan ide-ide kreatif secara teratur.

Desain brosur, telemarketing dan website yang baik sangat penting untuk mendukung bisnis anda. Perlu ada komunikasi yang bagus antar bagian yang sangat penting untuk pemasaran yang efektif. Anda harus secara pribadi mengambil tanggung jawab pada komitmen bisnis berorientasi konsumen dan mempertahankan kualitas produk dan jasa.

Karakter dan kemauan konsumen itu bermacam-mcam, dan oleh sebab itu anda perlu untuk mengenali dan mengidentifikasikan kedalaam berbagai katagori, misalnya berdasarkan pendidikan, pekerjaan, income, usia dll. Ini akan membantu anda untuk mengerti apa yang dinginkan masing-masing katagori konsumen. Grup konsumen semacam itu membantu analisa “segmen pasar” dan kemudian anda dapat mengembangkan teknik pemasaran yang berbeda untuk tipe konsumen yang berbeda.

Pemasaran yang efektif juga berkenaan dengan identifikasi persyaratan yang diperlukan untuk melakukan “pemasaran tersegmen” dan mengetahui benefit apa yang konsumen dapatkan. Hal ini membentu anda untuk mendapatkan target yang tepat dan konsumen potensial, dan pada akhirnya akan menghasilkan lebih banyak keuntungan. Selanjutnya anda dapat menghasilkan keuntungan melalui strategi “marketing mix”. Anda perlu menentukan USP “Unique Selling Proposition” atau teknik pemasaran yang unik jika produk atau jasa yang anda tawarkan bersaing ketat dangan produk competitor. Anda perlu secara efektif mengevaluasi produk – layanan yang ditawarkan, termasuk garansi dan layanan purna jual. Perbedaan harga jual perlu dipikirkan untuk dicantumkan dan termasuk harga diskon. Dalam kenyataanya, pemasaran yang efektif adalah strategi dimana harga juga dapat di pakai untuk mengkomunikasikan posisi produk dan keuntungan yang diperoleh konsumen.

Produk atau jasa yang ditawarkan sebaiknya mempunyai pilihan / varian sehingga dapat dipilih oleh pelanggan.

Apakah anda pernah mendengar tentang program affiliasi? program ini adalah salah satu bentuk periklanan di dunia internet yang sangat efektif untuk mendatangkan pengunjung kepada pemasang iklan atau untuk menjual suatu produk di internet dengan imbalah tertentu kepada si pemasar. Pemasang iklan (advertiser) membayar sejumlah uang kepada pemilik website, dimana link pengiklan diletakkan pada website tersebut, yang akan mengalirkan traffik, dalam hal ini pengunjung ke website si pengiklan. Sistem kerjanya sederhana, pengiklan membayar komisi kepada orang yang membantu mereka melakukan penjualan. Semudah itu kah? ternyata tidak.

Pemasaran affiliasi dapat dikatakan gampang-gampang susah. Dan tentu saja akan sangat menyulitkan bagi kita yang tidak melengkapi diri dengan pengetahuan teknis tentang bagaimana cara terbaik menjadi pemasar affiliasi. Dan artikel ini mencoba memberikan sharing beberapa hal yang harus kita ketahui dalam memasarkan affiliasi.

Dan seperti yang kita ketahui di era sekarang ini internet dianggap sebagai saran penting dalam berbisnis.

Berikut adalah beberapa hal mengapa para internet marketer menyukai affiliasi marketing sebagai bentuk yang dipilih dalam beriklan via internet:

1. Biaya yang rendah

Banyak yang takut untuk memulai bisnis rumahan mereka karena alasan modal yang diperlukan lumayan besar. Dalam pemasaran afiliasi, Anda tidak perlu menghabiskan terlalu banyak uang untuk memulai mendapatkan uang.

2. Tidak perlu melakukan stok / punya gudang

Manajemen produk merupakan hal yang dapat membuat kita strees. Tetapi pada affilisi marketing, tidak diperlukan perawatan, termasuk pada marchant.

3. Pendapatan tanpa batas melalui “leverage” atau alat bantu

Bila Anda memiliki pekerjaan yang dibayar, pendapatan bulanan anda tergantung apakah anda berkerja atau tidak. Dengan memakai teknik affiliasi, afiliasi Anda bisa saja membawa semua lalu lintas ke situs Anda tanpa harus mengalami kesulitan seperti dialami oleh seorang “calo” pada dunia nyata, cukup dengan sebuh link atau URL replika yang di letakkan pada web affiliates. Walaupun tidak setiap web marketer mendapatkan penghasilan yang memadai, namun sistem affilasi ini sangat memudahkan para affilites unutk mendapatkan penghasilan dengan lebih mudah.

4. Koneksi langsung ke funia Global tanpa batas

Dengan sistem afiliasi, Anda terhubung dengan pasar global (internasional) dengan biaya sangat murah. Yang harus anda siapkan adalah memilih produk tertentu yang kira-kira laku keras (sangat dibutuhkan konsumen) namun persaingannya sedikit, lalu mempersiapkan semua peralatan perangkat lunak yang diperlukan untuk sebuah sistem affilisi yang mana akan mengalirkan lalu lintas pengunjung ke website anda.

5. Resiko lebih rendah

Alasan utama bagi para Internet marketer lebih antusias terhadap afiliasi pemasaran karena faktor resiko yang lebih rendah. Khususnya mereka yang memiliki anggaran iklan yang kecil, sistem affiliasi merupakan salah satu cara untuk menyiasatinya.

6. Buka 24 jam sehari

Dengan pemasaran afiliasi, bisnis Anda bekerja 24 jam setiap hari dengan target pasar yang tidak dibatasi jarak (nasional atau Internasional) Apa bisa lebih baik daripada itu?
Namun semua ini hanya akan menjadi sampah jika Anda tidak memiliki hak cipta untuk produk yang anda miliki, atau jika anda tidak memiliki alat-alat penting lainnya (tools) untuk membuat affiliasi anda berkembang, misalnya sebuah website yang search engine friendly. Jadi, lebih baik benahi hal-hal mendasar terlebih dahulu sebulum mempertimbangkan berapa keuntungan yang akan di dapat.

No comments:

Post a Comment