Monday, October 10, 2011

TUGAS METODE RISET BISNIS KE 3

BAB I

PENDAHULUAN

1.1 LATAR BELAKANG MASALAH

Pada setiap perusahaan atau tempat kerja, karyawan merupakan asset penting bagi suatu perusahaan atau tempat kerja. Hal ini dikarenakan pelayanan atau kinerja karyawan menjadi factor sukses atau tidaknya sebuah perusahaan atau tempat kerja lainnya. Hal ini juga menjadi amat penting terutama di Rumah Makan. Seperti kita ketahui selain kualitas dari makanan yang disajikan, kualitas pelayanan juga menjadi hal yang penting untuk diperhatikan.

Banyak hal yang mempengaruhi kinerja karyawan, namun secara garis besar yang paling utama adalah lingkungan disekitar karyawan itu sendiri dan juga hubungan antar sesama karyawan. Namun hal yang paling penting adalah bagaimana dukungan dari pimpinan kepada para karyawan dalam hal ini meliputi hal-hal seperti gaya memimpin, system upah atau gaji, serta fasilitas yang diberikan.

Dukungan juga memunculkan semangat tim para pekerja sehingga mereka dapat saling mempercayai dan saling membantu serta adanya hubungan baik antar pekerja didalam lingkungan kerja (Shaam et al., 1999). Susskind et al., (2000) berpendapat bahwa dukungan organisasi dapat digunakan untuk meningkatkan motivasi pekerja yang berhubungan dengan pelanggan, sehingga dapat dikatakan variabel dukungan organisasi dapat berpengaruh positif terhadap motivasi pekerja.

Dalam Laporan Praktek Kerja yang saya susun ini saya akan membahas tentang kepuasan kerja para karyawan di tempat yang saya jadikan tempat untuk Praktek Kerja yaitu rumah makan BAKWAN PITOE SURABAYA di Cinere.

1.2 MASALAH

Masalah yang dihadapi oleh BAKWAN PITOE SURABAYA adalah minimnya tingkat kepuasan kerja para karyawannya. Hal ini dapat dilihat dari keluarnya salah satu karyawan pada saat saya melakukan kegiatan Praktek Kerja. Hal lain yang terjadi adalah cara pelayanan para karyawan yang ramah tapi seperti tidak bersemangat. Menurut pengamatan saya hal ini terjadi karena fasilitas yang disediakan untuk karyawan kurang memuaskan serta sistem gaji yang sama rata antar karyawan sehingga tidak ada karyawan yang termotivasi untuk bertindak lebih. Faktor gaji inilah yang menurut pengamatan saya menjadi faktor utama penyebab kurang termotivasinya para karyawan untuk bekerja secara maksimal.

1.3 TUJUAN

1. Untuk menguji dan menganalisis pengaruh kepuasan kerja terhadap

motivasi kerja.

2. Untuk menguji dan menganalisis pengaruh dukungan organisasi

terhadap motivasi kerja.

3. Untuk menguji dan menganalisis pengaruh gaya kepemimpinan

terhadap motivasi kerja.

4. Untuk menguji dan menganalisis pengaruh motivasi kerja terhadap

kinerja karyawan.

5. Untuk menguji dan menganalisis pengaruh kepuasan kerja terhadap

kinerja karyawan.

6. Untuk menguji dan menganalisis pengaruh gaya kepemimpinan

terhadap kinerja karyawan.

No comments:

Post a Comment