Keputusan membeli atau mengkonsumsi suatu produk dengan merk tertentu
akan diawali oleh langkah-langkah sebagai berikut :
1. Pengenalan kebutuhan
Pengenalan kebutuhan muncul ketika konsumen menghadapi suatu masalah yaitu suatu keadaan
dimana terdapat perbedaan antara keadaan yang diinginkan dan keadaan yang sebenarnya
terjadi. Kebutuhan harus diaktifkan terlebih dahulu sebelum ia bisa dikenali. Ada beberapa faktor
yang mempengaruhi pengaktifan kebutuhan yaitu : waktu, perubahan situasi, pemilikan produk,
konsumsi produk, perbedaan individu, pengaruh pemasaran.
2. Pencarian informasi
Pencarian informasi mulai dilakukan ketika konsumen memandang bahwa kebutuhan tersebut
bisa dipenuhi dengan membeli dan mengkonsumsi suatu produk. Pencarian informasi bisa
melalui informasi internal maupun eksternal. Faktor-faktor yang mempengaruhi pencarian
informasi adalah a/ faktor resiko produk (keuangan, fungsi, psikologis, waktu, sosial, fisik), b/
faktor karakteristik konsumen (pengetahuan dan pengalaman konsumen, kepribadian dan
karakteristik demografik), c/ faktor situasi (waktu yang tersedia untuk belanja, jumlah produk yang
tersedia, lokasi toko,3.Evaluasi alternatif
Evaluasi alternatif adalah proses mengevaluasi pilihan produk dan merk dan memilihnya sesuai
dengan yang diinginkan konsumen.
4. Keputusan pembelian
Setelah menentukan pilihan produk, maka konsumen akan melanjutkan proses berikutnya, yaitu
melakukan tindakan pembelian produk atau jasa tersebut.
No comments:
Post a Comment