Friday, April 1, 2011

Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Keutusan Konsumen Dalam Membeli Suatu Produk

Nama : Zendeedo Setiawan

Kelas : 2DD01

NPM : 32209627


Keputusan membeli atau mengkonsumsi suatu produk dengan merk tertentu

akan diawali oleh langkah-langkah sebagai berikut :


1. Pengenalan kebutuhan

Pengenalan kebutuhan muncul ketika konsumen menghadapi suatu masalah yaitu suatu keadaan

dimana terdapat perbedaan antara keadaan yang diinginkan dan keadaan yang sebenarnya

terjadi. Kebutuhan harus diaktifkan terlebih dahulu sebelum ia bisa dikenali. Ada beberapa faktor

yang mempengaruhi pengaktifan kebutuhan yaitu : waktu, perubahan situasi, pemilikan produk,

konsumsi produk, perbedaan individu, pengaruh pemasaran.


2. Pencarian informasi

Pencarian informasi mulai dilakukan ketika konsumen memandang bahwa kebutuhan tersebut

bisa dipenuhi dengan membeli dan mengkonsumsi suatu produk. Pencarian informasi bisa

melalui informasi internal maupun eksternal. Faktor-faktor yang mempengaruhi pencarian

informasi adalah a/ faktor resiko produk (keuangan, fungsi, psikologis, waktu, sosial, fisik), b/

faktor karakteristik konsumen (pengetahuan dan pengalaman konsumen, kepribadian dan

karakteristik demografik), c/ faktor situasi (waktu yang tersedia untuk belanja, jumlah produk yang

tersedia, lokasi toko,3.Evaluasi alternatif

Evaluasi alternatif adalah proses mengevaluasi pilihan produk dan merk dan memilihnya sesuai

dengan yang diinginkan konsumen.

4. Keputusan pembelian

Setelah menentukan pilihan produk, maka konsumen akan melanjutkan proses berikutnya, yaitu

melakukan tindakan pembelian produk atau jasa tersebut.